Skinproof Layanan Uji Dermatologis Bantu Konsumen dalam Memilih Produk Kosmetik Sesuai Kebutuhan

skinproof

Industri produk kecantikan yang semakin berkembang, terkadang membuat aku bingung dalam memilih produk. Apalagi banyak yang suka kasih klaim produk agak berlebihan tapi ngga tau juga apakah beneran sudah teruji klinis? hmm. Klaim sebuah produk kosmetik padahal memengaruhi keputusan konsumen untuk membeli produk. Gak cuma itu, dengan strategi marketing tertentu bisa mendorong konsumen tergiur untuk memiliki atau mencoba produk tersebut.

Sponsored Links

Dalam industri kosmetik, produk klaim adalah salah satu strategi pemasaran yang populer dan paling sering kita temui, baik pada kemasan produk maupun melalui materi iklan pada berbagai platform media. Berbagai merek kosmetik menggunakan klaim produk sebagai narasi untuk memperkenalkan produk mereka kepada konsumen dengan menjelaskan manfaat dan hasil yang bisa didapatkan dari penggunaan produk tersebut. Sementara klaim yang digunakan untuk memasarkan kosmetik harus jujur dong pastinya. Klaim pemasaran gak boleh menghubungkan produk dengan properti atau efek yang sebenarnya tidak dimiliki produk tersebut, dan semua klaim yang dibuat harus dapat dibuktikan.

Cosmetic, Toiletry & Perfumery Association (CTPA) dan Advertising Standard Authority (ASA) mengkategorikan klaim produk kosmetik menjadi 5 kategori, yaitu:

  • Performance claim, klaim yang berkaitan dengan efek suatu produk seperti “Mengurangi garis halus” atau “Melindungi kulit selama 24 jam”,
  • Ingredients claim, yang menyatakan kandungan atau kombinasi dari kandungan yang memberikan khasiat tertentu pada produk, misalnya “Mengandung retinol untuk mengurangi kerutan”,
  • Sensory claim, yang terkait dengan sensasi atau pengalaman sensori saat menggunakan produk, seperti “Membuat kulit terasa halus dan lembut”, atau dapat juga berupa estetika produk sensori, seperti “Roll-on applicator”,
  • Combination claim, yaitu klaim gabungan dari klaim-klaim tersebut di atas,
  • Comparison claim, atau klaim perbandingan untuk menggambarkan komparasi produk dengan produk lainnya agar konsumen dapat melihat perbedaan yang signifikan dari keduanya.

Setelah klaim diklasifikasi dan ditentukan, perusahaan kosmetik terkait harus memberikan bukti ilmiah yang dapat divalidasi oleh sumber yang kredibel menggunakan beberapa metode pilihan, seperti sensory property analysis, consumer testing, in vivo clinical/expert assessment, instrumental test, atau in vitro/ex vitro test. Skinproof, anak perusahaan Arya Noble, yang berfokus pada riset konsumen dan pengujian produk di industri kosmetik, kecantikan, wellness, dan perawatan pribadi, telah memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam melakukan product testing dan consumer research melalui berbagai metode-metode tersebut.

Skinproof, anak perusahaan Arya Noble, yang berfokus pada riset konsumen dan pengujian produk di industri kosmetik, kecantikan, wellness, dan perawatan pribadi, telah memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam melakukan product testing dan consumer research melalui metode yang sudah sesuai dengan standart-nya.

Tentang Skinproof:

Skinproof merupakan anak perusahaan Arya Noble yang bergerak di bidang evaluasi produk kosmetik dan riset konsumen. Berdiri sejak 2017, Skinproof telah melayani berbagai perusahaan kosmetik ternama dalam hal consumer insight, cosmetic claim support, sensory research hingga konsultasi dan layanan regulasi. Didukung oleh tenaga ahli di bidangnya, tenaga ahli di bidangnya, dan lebih dari 8.000 panelis di kota-kota besar di Indonesia, Skinproof terus berupaya untuk menginovasi dan memberikan solusi dalam pengembangan produk kosmetik, memberikan dukungan holistik kepada klien Skinproof, dan mengedukasi konsumen mengenai keamanan dan efektifitas produk secara netral dan independen. Lebih lanjut: www.skinproof.co.id 

Tentang Arya Noble:

Arya Noble adalah perusahaan holding strategis investasi yang berbasis di Indonesia dan terus memperluas jangkauan ke seluruh Asia. Dengan berperan sebagai inkubator dan akselerator bisnis yang aktif dan gesit, Arya Noble telah membentuk grup perusahaan di bidang kecantikan, perawatan pribadi, kuliner, dan industri menjanjikan lainnya, dengan portofolio yang mencakup merek-merek pemenang penghargaan seperti ERHA, Marco, Genero, DermaXp, Dermies, Skinproof dan Nouria. Lebih lanjut: www.aryanoble.co.id 

skinproof

Ibu Theresia Sinandang selaku Head of Skinproof memaparkan bahwa dalam memilih produk kosmetik yang tepat, pertama-tama konsumen perlu mengetahui hal yang sangat mendasar, yaitu kondisi dan permasalahan kulit masing-masing. “Kondisi kulit setiap orang berbeda, sehingga produk yang cocok bagi seseorang mungkin tidak cocok pada kulit orang lain karena kulitnya memiliki kebutuhan yang berbeda. Oleh sebab itu, sebelum memilih produk, penting untuk mengetahui kondisi dan kondisi kulit agar dapat mendapatkan produk yang sesuai,” jelasnya.

Selain itu, konsumen perlu berhati-hari terhadap klaim produk yang terlalu menjanjikan serta membiasakan untuk membaca label produk dengan seksama. “Dengan akses informasi yang tersedia luas saat ini, konsumen bisa mendapatkan sumber informasi yang kredibel untuk mengetahui kandungan kosmetik dan efeknya terhadap kulit dengan sangat mudah. Sehingga dengan mengetahui kandungan kosmetik dan efeknya, konsumen dapat mempertimbangkan dengan baik apakah suatu produk sesuai dengan kebutuhan kulitnya atau tidak, saat membaca label produk tersebut,” tutupnya.

skinproof

Aku sendiri memiliki kulit yang sensitif, sehingga harus selektif dalam memilih produk. Dengan banyaknya kehadiran brand-brand lokal baru, tentu kualitas, keamanan, dan efektivitas produk menjadi semakin krusial. Nah, disinilah peran Skinproof selaku penyedia layanan uji dermatologis akan membantu kita, baik untuk konsumen maupun produsen, mendapatkan produk dengan kualitas dan keamanan yang terjamin dan sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Info selengkapnya bisa check disini yaa :

Website​: https://skinproof.co.id/

Instagram​: https://www.instagram.com/skinproof.id/

https://www.instagram.com/aryanoblelife/

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published.