Event Report : Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan bersama Wyeth Parenting Club

Hello guys wellcome back! Di moment kehamilan pertama ku ini tentunya menjadi moment  yang sangat bahagia untuk aku dan suamiku, dan pastinya banyak banget hal-hal baru yang aku pelajarin seputar kehamilan. Banyak mitos tentang kehamilan yang berkembang di Indonesia, sebagian besar ibu hamil pun percaya dan mengikutinya. Mulai dari mitos tentang makanan yang harus dihindari ibu hamil, sampai dengan mitos yang berkaitan dengan jenis kelamin bayi yang akan lahir. Ya, mitos merupakan anggapan yang diturunkan dari generasi ke generasi, berkembang di masyarakat, bahkan sebagian dari masyarakat percaya akan mitos tersebut. Banyaknya mitos yang beredar terkadang membuat aku bingung, but happily Minggu lalu Wyeth Parenting Club mengadakan talk show bertema “Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan”. Selain dihadiri oleh Beauty Influencer Rachel Goddard, di talkshow kali ini juga ada dokter Sp.OG nya lho jadi bisa langsung tanya jawab ke sumbernya langsung deh yey!

Sponsored Links

Acara hari ini di hadiri oleh ibu-ibu hamil dan mom to be yang sedang mengikuti program kehamilan. Seneng banget bisa hadir di acara ini karena aku jadi bisa chit chat seputar kehamilan bersama bumil-bumil lainnya 😀

Akhirnya dimulailah acara talkshow hari ini dan diawali dengan berbagi pengalaman bersama Beauty Influencer Rachel Goddard.

Sebagai ibu hamil, Rachel Goddard tentu mendapat banyak mitos dari keluarga maupun penggemarnya. Seringkali Rachel mendapat comment untuk tidak menggunakan makeup tebal dalam masa kehamilannya saat ini. “Dokter bilang tidak ada masalah sama sekali untuk menggunakan makeup saat hamil, jadi aku masih pakai makeup. Apalagi makeup itu sudah jadi darah daging aku, yang penting makeupnya jangan ditelan ya! haha” jelas Rachel menanggapi mitos tersebut.

Selain mengundang Rachel, Wyeth Parenting Club juga mengundang Dr. Dinda Derdameisya, Sp.OG. Dr. Dinda kali ini membahas beberapa mitos yang sering banget ditanyakan oleh pasien-pasiennya diantaranya adalah sebagai berikut :

Mitos 1

minum es bisa sebabkan bayi lahir besar

Fakta :

bukan es atau minuiman dingin yang menyebabkan bayi menjadi besar namun minuman dingin yang menyebabkan bayi menjadi besar namun minuman dan makanan manis yang dapat menyebabkan berat badan bayi yang besar,

Mitos 2

wanita hamil berbahaya berolahraga

Fakta :

The American College of Obstetricians and Gynecologist merekomendasikan wanita dengan kehamilan risiko rendah untuk berolahraga dengan intensitas menengah selama kehamilan. Olahraga akan menurunkan resiko pre-eklampsia, diabetes dalam kehamiolan dan menurunkan risiko penyakit kronis baik untuk ibu dan bayi. Beberapa olahraga yang direkomendasikan antara lain, pilates, yoga, dan berenang untuk menguatkan otot-otot ibu hamil.

Mitos 3

menggaruk kulit perut dan bokong akan menimbulkan strechmark selama kehamilan

Fakta :

Penyebab timbulnya guratan atau garis/stariae pada saat hamil adalah adanya perubahan sel sel yang menyebabkan pembengkakan dermis. Hal ini menyebabkan epidermis atau kulit bagian paling luar kehilangan penyambung jaringan, kondisi ini terlihat sebagai garis-garis guratan. Untuk menangani stretchmark pada ibu hamil bisa menggunakan body oil, lotion, dan sabun yang mengandung pelembap sejak awal kehamilan sehingga kulit menjadi lebih elastis.

Mitos 4

Makan durian bisa sebabkan keguguran saat hamil

Fakta :

Sampai saat ini belum jelas fakta mengenai durian menyebabkan keguguran saat hamil. Faktanya, buah kurma justru yang dapat mempengaruhi kontraksi uterus/rahim dan proses persalinan.

Mitos 5

Kalau ingin hamil anak perempuan harus banyak makan sayur, dan jika ingin hamil anak laki-laki banyak makan daging

Fakta :

Secara ilmiah laki-laki memiliki kromosom  seks jenis X dan Y. Sedangkan perempuan memiliki dua kromosom seks yang sama yaitu X dan X. Sehingga bila dalam hubungan intim, sperma X yang membuahi sel telur (kromosom sel telur adalah X) maka terjadilah pertemuan kromosom X dengan X, sehingga yang didapat bayi perempuan.

Mitos 6

Berhubungan seks setiap hari dapat mempercepat kehamilan.

Fakta :

Hubungan seks yang dianjuirkan adalah 2x seminggu. sebab jika dilakukan terlalu seriong akan mengganggu kualitas sperma dan beban kerja prostat akan berlebih. Sperma sendiri juga diproduksi setiap 3 hari sekali, dihasilkan didalam saluran reproduksi pria yaitu testis dan kemudian disimpan dan disalurkan apabila terjadi ejakulasi.

Setelah membahas tentang beberapa mitos yang sering beredar, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh peserta dengan Dr. Dinda, dan salah satu pertyanyaannya mengenai masa ovulasi yang tepat. Peserta diajarkan menghitung masa ovulasi dengan mudah melalui website parentingclub.co.id dengan klik menu Smart Ovulation Calendar. Selain itu Parenting Club juga memiliki fitur baru yaitu Pregnancy Due Date Calculator yang dapat menghitung perkiraan tanggal lahir Si Kecil dengan langkah yang mudah. Wah benar-benar ngebantu kita banget ya moms! dengan adanya fitur pregnancy due date calculator ini aku jadi bisa tahu due date kelahiran aku dengan mudah.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan workshop melukis bantal bersama Ideku Handmade. Para peserta bebas mewarnai dan memilih bantal yang telah disediakan, diantaranya dengan gambar botol susu bayi, mainan anak-anak, dan boneka. dan disini aku memilih bentuk unicorn yang super cute hehe pas ngeliat gambarnya unicorn aku jadi keinget unicorn nya Agnes di film Despicable Me hihi

Setelah melukis bantal acara hari ini ditutup dengan pengumuman pemenang best outfit, best intagram post dan best lukisan bantal. Sayangnya aku belum beruntung, hihi congrattsss yah buat yang menang!

Sebelum pulang aku foto-foto dulu sama mommy-mommy cantikku yay!

Setelah mengikuti event hari ini tentunya aku jadi mengetahui fakta sebenarnya seputar kehamilan, jadi gak bingung lagi denh sama mitos-mitos yang gak jelas.

Thank you so much Wyeth Parenting Club dan Clozette Indonesia for having me!

Oke sekian info mitos dan fakta seputar kehamilannya, semoga dapat bermanfaat ya, Mitos-mitos di atas hanya sedikit dari sekian banyaknya mitos tentang kehamilan. Sebelum telanjur mengikuti mitos yang belum tentu kebenarannya, pastinya sebaiknya kamu disarankan untuk mencari tahu terlebih dahulu fakta yang sebenarnya melalui dokter kandungan kamu ya gengs, oke? see you on my next post beauties! byee~

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *