Cara Mengatasi Anak yang Gampang Sakit

Harapan setiap ibu pasti pengennya anak kita jangan sampai sakit ya moms ๐Ÿ™‚ tapi sayangnya anak lebih berisiko terjangkit penyakit karena sistem kekebalan tubuhnya yang belum sempurna. Padahal, kuman penyebab penyakit akan selalu ada di sekitar lingkungan anak. Pencegahan penyakit sejak dini merupakah salah satu upaya penting agar kuman penyebab penyakit tidak mudah masuk ke dalam tubuh.

Sponsored Links

Nah So happy beberapa hari yang lalu aku mengahadiri acara yang bertema โ€œ๐Š๐ž๐ง๐š๐ฉ๐š ๐š๐ง๐š๐ค ๐ฆ๐ฎ๐๐š๐ก ๐ฌ๐š๐ค๐ข๐ญ?โ€ Yang diadakan olehย @stimuno.indonesiaย danย @clozetteid
Acara hari itu dibuka oleh MC cantik kak Tia Yustia, dan dilanjutkan dengan sambutan dari Board Of Director PT Dexa Medica oleh Bpk. Andrew Sulistya. Setelah itu hadir juga Prof.dr. Zakiudin Munasir, SpA(K) yang menjelaskan penyebab beserta solusi pencegahan anak agar tidak mudah sakit. Penasaran Prof.dr. Zakiudin bahas apa aja? yuk kita bahas bersama yaa..

Ternyata setiap manusia dibekali dua sistem kekebalan (imunitas) tubuh, yaitu kekebalan tubuh tidak spesifik dan kekebalan tubuh spesifik.

Kekebalan spesifik ditujukan untuk menangkal masuknya segala macam zat asing dari luar yang dapat menimbulkan kerusakan tubuh (penyakit). Contohnya berbagai bakteri, virus, parasit, atau zat-zat yang berbahaya bagi tubuh.

Sedangkan kekebalan tubuh tidak spesifik, misalnya pertahanan fisik (kulit, selaput lendir), kimiawi (enzim, keasaman lambung), mekanik (gerakan usus, rambut getar selaput lendir), fagositosis (penelanan kuman atau zat asing oleh sel darah putih), serta zat komplemen yang berfungsi pada berbagai proses pemusnahan kuman atau zat asing. Jika ada kerusakan pada sistem pertahanan ini akan memudahkan masuknya kuman atau zat asing ke dalam tubuh.

Misalnya, kulit yang luka, gangguan keasaman lambung, gangguan gerakan usus, atau gangguan proses penelanan kuman, zat asing oleh sel darah putih (leukosit). disaat itulah supaya imunitas tubuh kembali meningkat tubuh memerlukan imunomodulator. Dengan demikian, imunitas tubuh akan kembali bangkit dan melindungi tubuh.

Sebenarnya apa sih Imunomodulator ini?

Imunomodulator adalah obat yang dapat mengembalikan dan memperbaiki sistem imun yang fungsinya terganggu atau untuk menekan yang fungsinya berlebihan. Fungsi imunomodulator adalah memperbaiki sistim imun dengan cara stimulasi (imunostimulan) atau menekan/ menormalkan reaksi imun yang abnormal (imunosupresan).

Imunostimulan terdiri dari dua golongan yaitu imunostimulan biologi dan sintetik. Beberapa contoh imunostimulan biologi adalah sitokin, antibodi monoklonal, jamur dan tanaman obat (herbal) sedangkan imunostimulan sintetik yaitu levamisol, isoprinosin dan muramil peptidase. Untuk meningkatkan sistim kekebalan tubuh dapat dilakukan dengan banyak cara salah satunya melalui suplemen obat yang berfungsi sebagai imunomodulator. Saat ini tersedia banyak jenis imunomodulator untuk suplemen makanan, terutama yang menggunakan bahan herbal alami seperti Echinacea, Meniran (Phyllanthus niruri)ย dan lain-lain. Disamping menyeimbangkan sistim imun suplemen tersebut juga berfungsi untuk meningkatkan dan menguatkan sistim imun.

Kapan sebaiknya anak diberikan vitamin penambah daya tahan tubuh atau imunomodulator ini? Berikan saat memang kekebalan dalam tubuh anak mengalami gangguan, ciri-ciri jika anak sedang menderita gangguan kekebalan tubuh adalah anak akan mudah terserang penyakit. Batuk pilek yang tadinya sudah sembuh tapi muncul kembali, mudah terkena infeksi-infeksi lainnya, atau juga mudah terkena demam.

Tetapi jika anak anda dalam keadaan sehat maka sebaiknya imunomodulator ini tidak diberikan, juga ketika anak anda sudah sembuh dari sakitnya maka juga jangan memberikan imunomodulator ini dalam waktu yang panjang.

Apakah baik jika diminum dalam jangka panjang dan terus menerus? Jawabannya adalah tidak, karena imunomodulator bukan vitamin biasa. Penggunaannya dalam jangka panjang dan dalam dosis berlebih malah dapat merangsang respon kekebalan pada tubuh yang berlebihan serta dapat merangsang reaksi alergi dan hipersensitifitas pada penderita alergi menjadi meningkat. Pemakaian yang tidak tepat juga dapat merugikan tubuh, karena merangsang timbulnya alergi.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan sharing session bersama Ibu Irene Dwi Sari. yang membahas tentang Penyebab Sistem Imun Terganggu.

Pada prinsipnya, Setiap orang dengan kondisi sistem imun dalam keadaan prima, tidak mudah terkena infeksi, akan tetapi jika pada saat tertentu sistem imun terganggu atau tidak bekerja dengan baik, maka infeksi oleh bakteri, virus atau jamur akan mudah masuk ke dalam tubuh.
Banyak faktor yang dapat mengakibatkan sistem imun terganggu, di antaranya: stress, kurang gizi, terlalu lelah, dsb. Untuk mengatasinya diperlukan pola hidup sehat, antara lain : cukup istirahat, makan bergizi seimbang, tidak stress, menghindari lingkungan yang dapat mengakibatkan sakit dan bila perlu mengkonsusmsi obat atau suplementasi yang dapat menguatkan sistem imun (daya tahan) tubuh.

Imunomodulator berperan membuat sistem imun lebih aktif dalam menjalankan fungsinya menguatkan sistem imuntubuh (imuno stimulator) atau menekan reaksi sistem imun yang berlebihan (imuno supresan) sehingga kekebalan atau daya tahan tubuh kita selalu optimal menjaga kita tetap sehat ketika diserang oleh virus, bakteri atau mikroba lainnya.

Salah satu imunomodulator yang telah teruji klinis dengan baik adalah STIMUNO. Stimuno telah memperoleh sertifikat Fitofarmaka dari BPOM karena telah terstandarisasi dan telah lolos uji pre klinis (uji keamanan) dan uji klinis (pembuktian khasiatnya). Stimuno terbuat dari ekstrak Phyllanthus niruri (meniran, herbal asli Indonesia).

5 Keunggulan Stimuno untuk membantu mengobati anak yang sedang sakit :

  • Mengaktifkan semua lapisan sistem imun. Stimuno bekerja mengaktifkan sistem imun non-spesifik dan sistem imun spesifik
  • Satu-satunya imunomodulator dengan standar Fitofarmaka (telah uji klinik)
  • Meniran (Phylanthus niruri) sebagai bahan dasar Stimuno dibudidayakan dengan teknologi modern mengikuti standar GAP (Good Agriculture Practices) dan diproses mengikuti standar c-GMP (current-Good Manufacturing Practices) dan CPOB (Cara Pembuatan Obat yang Baik) sesuai standar industri farmasi
  • Aman. Stimuno aman digunakan dan dapat dikonsumsi bersama dengan obat atau vitamin lain.
  • Telah dilakukan uji klinis.

Lalu Acara ditutup dengan belajar membuat Kids Bento oleh bu Rien Suryo. Seneng banget bisa ikutan workshop bikin bento soalnya anakku (Axel) itu kalo makan lagi suka pilih-pilih dan mauya yang menarik kaya bento hehe dan dibawah ini adalah hasil karya aku, mon maap aku mah anaknya simple dan gak kreatip jadi ya begini deh hasilnya.. >,<

Dan aku baru tau ternyata selain hadir dalam versi botol syrup, ternyata Stimuno juga punya kemasan Stick pack sekali minum. Wah cocok banget nih buat moms yang suka travelling jadi nggak usah ribet bawa-bawa botol dan ga takut lagi deh bakalan tumpah kemasannya. Stimuno Bottle syrup punya beberapa varian rasa lho yaituย Rasa Tutty Fruity,ย Rasa Anggur dan Rasa Orange Berry.

Thank you so much Clozette Indonesia dan Stimuno for having me.ย Selesai sudah event report ku hari ini, semoga bermanfaat ya untuk moms semua, Overall aku se-takjub itu sih sama Produk Stimuno ini, soalnya telah teruji klinis, bahan utamanya juga dari herbal dan sudah terbukti aman. Dulu Axel juga pernah minum Stimuno saat sakit dan memang terbukti sih bisa mempercepat penyembuhan dan bikin badannya seger lagi. Kalau moms disini biasanya pakai Vitamin apa untuk menjaga imun anak? atau sudah pernah mencoba Stimuno juga? yuk sharing di kolom komentar ๐Ÿ™‚

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *