4 Manfaat Terbaik Jika Mengkonsumsi Buah Durian

Banyak yang tidak tahu  kalau buah durian ternyata memiliki kemampuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan tingkat energi, dan menghambat aktivitas radikal bebas. Manfaat kesehatan lain dari buah ini juga termasuk peningkatan pencernaan, penguatan tulang, dan mengurangi tanda-tanda anemia. Buah ini juga baik untuk menyembuhkan insomnia, mencegah penuaan dini, menurunkan tekanan darah, dan melindungi terhadap penyakit kardiovaskular.

Sponsored Links

Manfaat durian lainnya termasuk kemampuannya untuk membantu manajemen diabetes, mengurangi peradangan sendi, membantu kesehatan tiroid, mengurangi sakit kepala, dan menurunkan gejala depresi, kecemasan, dan stres.

Apa itu Durian?

Durian sering disebut “raja buah” di negara-negara Asia Tenggara, bukan hanya di Indonesia buah durain juga available di beberapa negara seperti Malaysia, Brunei, dan Filipina. Buah durian adalah buah yang cukup besar, panjang hingga 1 kaki dan lebar 6 inci, dengan bagian luar yang keras dan runcing dan daging berwarna kuning hingga merah. Dari 30 spesies, 9 di antaranya biasanya digunakan untuk memasak atau dikonsumsi, dan hanya satu yang ditemukan secara internasional, di luar area pertumbuhan lokal. Spesies khusus itu disebut Durio zibethinus.

Alasan mengapa buah ini sering dianggap kontroversial adalah karena baunya memiliki efek yang berbeda pada setiap orang. Indera penciuman kamu mungkin akan terasa menyenangkan atau benar-benar menjijikkan dan memuakkan. bahkan dibeberapa tempat durian dilarang dibawa di angkutan umum.

Nilai Gizi Durian

Menurut Database Nutrien Nasional USDA, durian memiliki kandungan vitamin dan mineral yang mengesankan. Ini juga mengandung vitamin C, asam folat, tiamin, riboflavin, niasin, B6, dan vitamin A. Mineral penting seperti kalium, zat besi, kalsium, magnesium, natrium, seng, dan fosfor juga ditemukan dalam durian. Ini juga mengandung air dan nutrisi seperti fitonutrien, protein, dan lemak makanan yang bermanfaat.

Dirangkum dari halaman www.organicfacts.net, berikut beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapat jika kamu mengonsumsi buah durian :

Aids in Digestion

Nurul Arneida Husin dari Institut Medis, Sains, dan Teknologi Asia, Malaysia, menyarankan bahwa makan buah durian secara teratur dapat membantu meningkatkan proses pencernaan.

Durian mengandung serat makanan dalam kadar tinggi, yang sangat penting untuk fungsi di berbagai sistem dalam tubuh, terutama sistem pencernaan. Serat menyebabkan pergerakan usus meningkat dalam jumlah besar, yang membuatnya lebih mudah untuk bergerak melalui saluran usus.

Serat juga merangsang gerakan peristaltik dan sekresi cairan pencernaan dan lambung, sehingga memudahkan seluruh proses. Dengan mengurangi kondisi seperti sembelit dan penyumbatan di usus, masalah seperti kembung, perut kembung berlebih, mulas, kram, dan gangguan pencernaan dapat dikurangi. Sebagian besar serat dalam durian adalah serat tidak larut, yang juga menurunkan frekuensi diare bagi orang-orang yang buang air besar.

Mengurangi Tekanan Darah

Sebuah studi tahun 2015 berjudul, “Efek Asupan Durian pada Tekanan Darah dan Detak Jantung pada Individu Sehat” mengungkapkan bahwa buah durian tidak secara negatif mempengaruhi tingkat tekanan darah dan juga meningkatkan denyut jantung.

Durian juga merupakan sumber kalium yang kaya, dan karena kalium adalah bagian integral dari keseimbangan garam dan cairan di seluruh sel tubuh, kadar kalium juga menentukan tekanan darah. Ketika banyak kalium hadir, pembuluh darah bisa rileks, mengurangi stres pada sistem kardiovaskular, dan mengurangi kemungkinan mengembangkan kondisi seperti aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke.

Untuk mengetahui tips mengatasi Hipotensi kamu bisa cek di artikel ini

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Durian adalah sumber magnesium, potasium, mangan, dan tembaga, yang semuanya memainkan peran integral dalam mengembangkan dan mempertahankan kekuatan dan daya tahan tulang. Kalium juga meningkatkan efisiensi penyerapan nutrisi oleh sel, sehingga memaksimalkan banyak mineral bermanfaat yang dibutuhkan tubuh, sekaligus meningkatkan kesehatan tulang. Mineral esensial ini membantu mencegah perkembangan osteoporosis.

Mengobati Anemia

Durian mengandung mineral yang berbeda, tetapi ada juga asam folat dalam kadar yang tinggi, yang merupakan komponen penting dalam produksi sel darah merah. Selain itu, durian merupakan sumber zat besi dan tembaga, dua komponen penting lainnya dari sel darah merah; setelah produksi sel darah merah kembali normal, gejala anemia akan hilang, yang meliputi gangguan pencernaan, migrain, kelelahan, dan kecemasan.

Perhatian: Satu-satunya bahaya makan durian adalah kandungan lemaknya. Buah ini memiliki sekitar 3 kali lebih banyak lemak dari pada kebanyakan buah-buahan, kecuali alpukat. Mereka umumnya lemak sehat, tetapi untuk kamu yang berjuang melawan kenaikan berat badan dan obesitas, sebaiknya jangan mengkonsumsinya secara berlebihan ya!

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *